Olimpiade Sains Kesehatan Part 3: Ending

Setelah keluar dari ruangan mumet tersebut, gue dengan gaya sehabis terkena rajam berjalan menyusuri lorong di dekat kafetaria.Di kafetari sudah nongol Oyen yang tak disangka lolos juga ke babak praktikum.Di tempat dia duduk juga ada beberapa anak MANDel Singkawang.Nahh gue duduk di depan yang namanya Taufik,*Namanya aja baru tau dari FB,dan gue cocokin aja sama foto katepe Taufik,dan akhirnya cocok.*.Iseng2 gue buka hp,cek bbm namun sinyal compang camping disana,mau coba pake wifi di sana,ee musti ada password,gagal sudah harapan mendapat koneksi.Akhirnya gue cek kamera,dan menjepret beberapa gambar, dan tak lupa berfoto bersama anak MANDel tadi.Lalu,beberapa menit kemudian, kami dipersilahkan untuk masuk ke Amphiteater.Temen2 gue udah kayak orang kegiranagn gituu, "Hadramii, gimana rajamnya?? enak gak? " *upss salah pertanyaan,ini yg benar - "Hadrami gimanaaa Tes praktikumnya? Susah gak? " terus gue jawab "Alhamdulillah, Lancar cuman agak gimna gituu, tapi kmek sih udah ngerasa puas gitu lah.. " 
Setelah jumpa fans bareng temen 1 sekolahan, gue dipersilahkan duduk di tempat masing2.Kakak2 panitia akan membacakan susunan nama2 peserta yang akan mengikuti Tour de FK, woooow keren banget tuu, Tur di FK, mutar2 FK hingga 7x, terus ngelamparin bapak penjaga kebun 7x juga. , wooow it's amajingg.. wkwkwkw.. Dah tu makai jas lab FK lagi.. Mantepp lah. Gue tergabung di kloter yg isinya cewekkkkkk semuaaa, hanya gue dan Arfa yang laki2,arfa ini temen gue dari SMA Negeri 1 Sungai Raya kepulauan. 
"Faa, benarkah kite ni masuk ke kloter yang ini? maluu aaa! "
"Sma lahh, kmek pun malu jugaaa, "
"Ya udah kite beli baju aja yaa, soalnya kita jalan kan gak pake baju.*Liat badan, langsung nutupin badan*"

Setelah nama dipanggil, Perjalanannya pun  dimulaiiii... 
Gue dan kawan2 pergi ke lab Farmasiii., wooow mantepp banget Labnya, anadaikan gue udah disini, woooow pasti seru.Di dalam Lab yang serba putih itu(udah kayak orang mati aja) terdapat beberapa alat untuk pembuatan obat(setau gue sih gitu).Kakak2 yang berjaga di lab tersebut menjelaskan kepada kami tentang alat2 yang ada di sana.Ada satu alat yang mungkin menarik banget buat gue, alat itu ialah Laminar Air Flow atau LAF, mungkin gitu tulisannya ya.nahh LAF ini adalah alat untuk ngaturr... ngatur apa ya, mungkin nagtur bakteri untuk percobaan.

Setelah dari lab itu, lanjut lagi ke Lab Mikroskopik, nahh lab ini sih udah pernah gue cicipin,langsung ke ruangan selanjutnya aja.Di ruangan penagan pertama dalam keadaan darurat, di jelaskan cara2 menolong orang pingsan.Yaaa pelajaran yang pernah gue dapet waktu SMP duluu,duluuu banget pas ngambil TKK P3K.tapi pembahasan mengenai pertolongan pertama ini di upgrade di FK,gue banyak dapat pelajaran ttg menolong orang yang pingsan,dann setelah gue dapat ilmunya gue bakalan terapkan ke kawan gue, gue suruh kawan gue pingsan "Bohongan" dan gue tekan2 dadanya sampe bunyi dan sampai dia teriak "Sakittt begooo!!" Terus klo cara tadi tak berhasil, cara terakhir ialah "Cium" Mulutnya atau Nafas buatan,klo temen gue cewek sih mungkin2 aja gue mau cium dia, kalo temen gue cowok, Gue perlu operasi ganti kelamin buat cium dia..

Lanjut ke ruang sebelahnya,bahkan gue udah siap2 ikat tali sepatu gue dan akhirnya kakak2 ada yg bilang "Dek ke ruangan sebelahnya aja kok, gak usah ikat tali sepatunya,haha " dengan nada melongo gue jawab " Hee iyaa kak" 
Masuk ke ruangan seperti tempat praktek dokter,tempat itu bernama "Ruangan Praktek" yaa karena didalamnya terdapat tempat praktek gitu.Kali ini gue disuguhkan materi tentang pembuluh darah.Tentang yg berhubungan denga Tensi (Tensi itu tekanan darah),Hemm materi yang ,menarik menurut gue,namun gue sulit tuk memahami.Di ruangan ini diajarkan cara untuk menghitung denyut nadi secara manual,biasanya sih gue ngitung denyut nadi pakai kaluklator,sempat denyut nadinya ngutang kan? bakalan gue catet namanya di buku bon.

Setelah itu gue mampir lagi ke Lab Anantomi, yaa Lab yg masih berhubungan dengan pelajaran kesukaan gue "BIOLOGI". Di ruangan ini gue diajarakan bagian2 anatomi manusia,dan disertai "Bahasa Latinnya". Dari 2 abang2 yang jelasinnya aja udah seperti manekin tengkorak, walau yang satunya berlemak tinggi mungkin penuh dengan kolestrol.Lanjut masuk kedalam Ruangg penuh misteri,Kenapa? di dalamnya tersimpan guru2 mereka(Mahasiswa FK Parodi Kedokteran)yang terbaring kaku didalam tabung yang melintang.Suasana sedikit lebih mencekam,karena yang tersimpan didalam tabung itu adalah "Mayat" atau bahasa Kedokterannya "Kadafer".
Kadafer ini bisa dijadiin buat ujian prakteknya mahasiswa di sini.Ini baruuu manekin asli(perasaan manekin itu = Palsu) yang masihh fresh berbau aroma formalin,namun gue dan teman2 tak dapat melihatnya karena privasi.Seminggu kemudiannya gue baca cerita horor yang menceritakan kadafer kakek2 muncul sebagai arwah gentayangan......

Setelah memasuki lab anatomi, gue bareng teman2 masuk lagi ke amphiteaternya.Masih gue dapetin teman2 gue yang belum berangkat meninggalkan bangku mereka masing2.
"ehh belum berangkat wi?"
"Belum mii, Angkotnya masih penuhh kayaknya nii"
"Ohhh, sabar yaa wi, ini cobaan dari Allah," (Kok nyambung ke angkot, ya?)
Mereka satu per satu pun pergi meninggalkan bangku mereka dan guee pun ditinggalkan..Terlalu jahatnya mereka sampai2 gue ditinggalin.. 

Beberapa menitt setelah pergi, gue diberi hiburan gitu, liat orang joget2 gak jelas.. 

Langsungg ke babak Finalnya aja yaa,karena gue udah kehabisan ingatan..
di babak final ini pesertanya Tinggalll 5 Orang,Peserta diharuskan mempresenatsikan hasil powerpoint yang dibuatnya sendiri,yaa dengan tangan mereka sendiri, yaaa dengan ingus mereka sendir, yaaa dengan yang lainnya.. Peserta pertama menjelaskan tentang diabetes melitus.Sedikit info aja yaa, Diabetes melitus ini disebabkan penyumbatan pembuluh darah oleh glukosa mungkin.. Peserta pertama udah kayak mesin pelontar bola tennis, kencengg bangett ngomongnya,Syukurnya dia ngomong gak pake kuah,klo dia ngomong pake kuah apa jadinya yaa amphiteater.
Peserta keduaa , kali ini materinya juga sama, jadinyaaaa sedikit2 udah ngerti,meskipun sedikit yaa.. Peserta ketigaaa yang mulai bikin gue frustasi, Penjelasnnya samaaa jugaaa.Pengen gue hajar juga ni anak..tapi batas kesabaran gue masih ada.Peserta keempat yang mulai bikin gue emosiii, kokk SAMA LAGII SIHHH penjelasannya..dann pesertaa terakhir, yaudah lahh gue udah mulai muak saat itu,dan gue ikhlaskan buat Menjelaskan MATERI yang SAMA.

Cukup dengan banyak materi yang sama,maunya mereka apasih,kok bisa sama semua gitu? gak benar ni mereka.. ckckck. Langsung upacara penutupan setelah presentasi tadi.namunn apa daya dan upaya,Sekolah gue musti pulang duluan tanpa mengucapkan salam kepada yang lainnya.. Sedih banget.Gue dijemput mobil yang dari penginapan.Menuju penginapan dan ngambil barang yang diperlukan teman2 gue,dann Perjalan pulang dimuali dari sini.Setelah ngambil barang-barangnya,Rombongan langsung berangkat ke DAMRI. Perjalanan pun dimulai,Rombongan tiba pukul 4 subuh di Sintang.

Kegiatan yang sangat2 bermanfaat banget,nambah ilmu juga,dan mungkin sebagai tapak tilas Fakultas yang gue idam-idamkan sedari SMA,(Aaaminnnnn) dan sebagai Pelajaran juga, Tuk gapai mimpimu musti dimulai dari hal2 yang kecil, Kerja keras jangan lupaa,dan terus berkarya terserah kaliann, yang penting itu positif, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Open Recruitment?

Permasalahan Standar Kompetensi Apoteker dan Studi Kefarmasian

Hibrida : Rekayasa Genetika yang Luar Biasa