Ulasan Kabut Asap

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuhh..

Apa kabar para pembaca? masih dalam harapan sehat wal'afiat yaa..
tumben yaa gue ngepost hari ini, padahal gue udah konsisten setipa malam minggu aja gue ngepost.Tapi gue ngepost pada hari ini bukan tanpa sebab.Sebab gue ngepost hari ini adalah pada malam minggu nanti gue akan mengikuti kemah di sekolah.Bertindak sebagai seksi dokumentasi,dan oleh sebab post ini tidak sesuai jadwal.
*cuman basa basi sih*

Pada hari ini gue bakalan bagi-bagi cerita tentang bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini. Bagi kalian yang tinggal di Sumatra atau Kalimantan pasti pada tahu bencana yang melanda pulau ini, yaa Kabut Asap.

Kabut asap adalah bencana tahunan di Indonesia. Biasanya pada saat musim kemarau panjang tanpa adanya hujan.Kabut asap atau biasa disebut Jerebu ini sangat mengganggu kesehatan masyarakat.Biasanya menyerang pada sistem pernapasan manusia.Penyakit yang ditimbulkan dapat berupa ISPA, Sesak nafas, Batuk-batuk, dan mata perih.

Untuk lebih lanjut lagi, gue dapat informasi ini dari situs resmi dinas kesehatan kabupaten barito kuala, Kalimantan selatan. 


 Secara umum kabut asap dapat mengganggu kesehatan semua orang, baik yang dalam kondisi sehat maupun dalam kondisi sakit. Pada kondisi kesehatan tertentu, orang akan menjadi lebih mudah mengalami gannguan kesehatan akibat kabut asap dibandingkan orang lain, khususnya pada orang dengan gangguan paru dan jantung, lansia, dan anak-anak.


Berikut ini dampak akibat gangguan asap bagi kesehatan kita.
  1. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungkin juga infeksi.
  2. Kabut asap dapat memperburuk penyakit asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik, PPOK dan sebagainya.
  3. Kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan seseorang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.
  4. Bagi mereka yang berusia lanjut (lansia) dan anak-anak maupun yang mempunyai penyakit kronik, dengan kondisi daya tahan tubuh yang rendah akan lebih rentan untuk mendapat gangguan kesehatan.
  5. Kemampuan dalam mengatasi infkesi paru dan saluran pernapasan menjadi berkurang, sehingga menyebabkan lebih mudah terjadi infeksi.
  6. Berbagai penyakit kronik juga dapat memburuk.
  7. Bahan polutan pada asap kebakaran hutan dapat menjadi sumber polutan  di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi.
  8. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) jadi lebih mudah terjadi, terutama karena ketidak seimbangan daya tahan tubuh (host), pola bakteri/virus penyebab penyakit (agent) serta buruknya lingkungan (environment).
Berikut telah dipaparkan bahaya dari kabut asap , bahaya banget kan kabut asap ini, jadi dengan kita mengetahui bahaya dari kabut asap diusahakan untuk menjaga diri dari kabut ini. Gue ada beberapa Tips yang gue kutip dari Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama berbagi tips untuk melindungi diri dari risiko gangguan kabut asap. Menurutnya, ada delapan hal yang bisa dilakukan. Yakni:
1. Sedapat mungkin Hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung. Terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan.
2. Jika terpaksa pergi ke luar rumah/gedung maka sebaiknya menggunakan masker.
3. Minum air putih lebih banyak dan lebih sering 4. Bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, mintalah nasihat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. Segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain.
5. Selalu lakukan perilaku hidup bersih sehat (PHBS). Seperti makan bergizi, jangan merokok, istirahat yang cukup dan lain-lain.
6. Upayakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah/sekolah/kantor dan ruang tertutup lainnya
7. Penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik.
8. Buah-buahan dicuci sebelum dikonsumsi. Bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu di masak dengan baik.
Oke, tadi telah dipaparkan beberapa tips menghadapi kabut asap. tip tadi belum tentu dapat menghilangkan kabut asap.Tips tersebut meminta kita untuk berusaha melindungi diri kita dan keluarga kita dari kabut asap.Dengan bencana ini kita dapat lebih tabah dan bertawakal kepada Allah Swt, Karena-Nya lah yang menurunkan bencana kabut asap ini, dan karena-Nya lah kabut ini dapat hilang.Kita sebagai manusia hanya dapat berusaha dan terus berdoa semoga bencana ini dapat hilang. Aaaammmiiiinnnnn

Baiklah, tadi telah dipaparkan beberapa akibat dari kabut asap dan tips pencegahan kabut asap tadi. Pesan gue, jaga kesehatan kalian,dan tetap gunakan masker apabila sedang keluar rumah.
Akhir kata, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuhh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Open Recruitment?

Permasalahan Standar Kompetensi Apoteker dan Studi Kefarmasian

Hibrida : Rekayasa Genetika yang Luar Biasa