Batu Terbesar Kebanggaanku

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Apa kabar para pembaca? ketemu lagi pada weekend minggu ini.Apakah sudah ada rencana mau pergi ke mana? ngomong-ngomong soal tempat wisata di daerah gue, ada beberapa tempat wisata di daerah gue,Namanya Bukit Kelam. berikut Ulasannya cekidot...



https://dreamindonesia.files.wordpress.com/2012/05/kelam2.jpgBukit Kelam adalah Batu terbesar di Dunia lohh, yang terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.Terletak di jalan lintas Sintang-Putussibau wisata Bukit Kelam ini dapat dijadikan destinasi wisata yang sangat bagus.Menyuguhkan suasana hutan,bukit ini lumayan sejuk apabila kita berangkat pagi-pagi.Ini adalah bukit batu dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut dengan kemiringan 15-40 derajat. Semua bagian bukit itu bongkahan batu.

Daya tarik Bukit Kelam tak hanya karena terbentuk batu besar, tetapi ada cerita menarik di balik bongkahan raksasa itu. Menurut masyarakat setempat, bukit batu itu memiliki legenda. Konon, ada seorang pemuda Dayak yang sakti bernama Bujang Besji ingin menutup Sungai Kapuas dan Sungai Melawi dengan batu yang kini menjadi Bukit Kelam.

 
Tujuannya, ingin menjadikan Sintang menjadi danau. Namun, rencana Bujang gagal karena digoda seorang bidadari cantik sehingga ia terperosok ke lubang dan tidak bisa mengangkat batu itu lagi. Akhirnya, batu itu dibiarkan begitu saja yang kini menjadi Bukit Kelam. Cerita itu digambarkan di dinding di Taman Wisata Bukit Kelam.


Namun, ada pula yang menduga bongkahan batu raksasa itu meteor yang jatuh ke bumi di masa silam. Hal itu mengundang daya tarik sejumlah peneliti, misalnya dari Perancis.

Menurut penelitian, Bukit Kelam memang meteor yang jatuh di masa silam. Hal itu didasarkan pada unsur batu pembentuk Bukit Kelam yang sama dengan unsur bebatuan meteor. Dugaan itu kian menguat pula dengan banyaknya batu serupa yang dijumpai di sekeliling Bukit Kelam yang diperkirakan pecahan meteor.

Mendaki hingga ke puncak Bukit Kelam bagi orang yang belum terbiasa memerlukan waktu sekitar empat jam. Namun, masyarakat sekitar atau petugas di Taman Wisata Bukit Kelam tidak lebih dari dua jam. Pengelola sudah memasang tangga untuk membantu pengunjung ke puncak bukit.
Meski bukit itu terbentuk dari bongkahan batu, pepohonan masih bisa tumbuh di lereng. Dalam perjalanan menuju puncak Bukit Kelam, pengunjung disuguhi keindahan hutan yang asri. Pohon-pohon yang sudah hampir punah di Kalbar, misalnya pohon belian dan bengkirai, masih bisa dijumpai. Pengunjung pun masih dapat menemukan kantong semar dan anggrek hutan dan satwa antara lain tupai, monyet, dan walet.



https://otanotoba.files.wordpress.com/2009/02/nepenthes-tobaica1.jpg?w=490
Saat di puncak, pengunjung dapat menikmati kota Sintang dan hutan di sekitarnya dari ketinggian. Pada malam hari hingga pagi, suhu di puncak Bukit Kelam dapat di bawah 20 derajat celsius.



Taman wisata Bukit Kelam dibuka pada tahun 2002.Pada hari libur kerja, Sabtu dan Minggu, jumlah pengunjung domestik sekitar 100 orang. Pada libur hari besar keagamaan, misalnya Idul Fitri dan Natal, mencapai ribuan orang. Tiket masuk hari biasa Rp 15.000 per orang, tetapi untuk hari libur Rp 20.000 per orang.

Untuk menuju Bukit Kelam dari Kota Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat, dapat menggunakan bus umum dan travel menuju kota Sintang terlebih dahulu dengan menempuh perjalanan 395 kilometer. Jika menggunakan pesawat terbang dari Kota Pontianak menuju kota Sintang hanya sekitar 30 menit. Dari kota Sintang menuju Bukit Kelam 20 kilometer. Jalan menuju kawasan wisata itu dapat dilintasi kendaraan umum. 

Sekian yang dapat gue sampaikan, semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Sumber : http://travel.kompas.com/read/2014/12/12/185600327/Bukit.Kelam.Legenda.dan.Meteor

Komentar

  1. Posting-an ini sangat bagus, tapi kurang lengkap rasanya jika tidak ada foto dari bujang besji nya.

    Salam garpu mamang siomay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sarannya, emarin agak terburu-buru jadi lupa masukkan foto Buja Bejinya.. WKekeke

      Hapus
  2. Kereen...InsyaAllah mampir lagi kesintang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Open Recruitment?

Permasalahan Standar Kompetensi Apoteker dan Studi Kefarmasian

Hibrida : Rekayasa Genetika yang Luar Biasa