Perlukah Investor Asing untuk Perekonomian Indonesia

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Apa kabar pembaca ? gue harap dalam keadaan sehat wal'afiat, aamiinn

Beberapa hari yang lalu, gue mengikuti kajian rutin keilmuan di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) FMIPA UII, nah forum tersebut membahas tentang pentingkah atau perlukah Investor Asing untuk Perekonomian Indonesia. Di tulisan kali ini, berikut gue paparkan aja yaa sedikit resumenya . Lanjutt...

_________________________________________________________________________

" Perlukah Investor Asing untuk Perekonomian Indonesia " 

Perekonomian Indonesia tidak lepas dari peranan investasi. Baik investasi dari dalam negeri sendiri, ataupun dari luar negeri. Berbicara tentang Investasi, apa itu investasi?? Investasi merupakan penanaman modal di sektor terentu untuk menghasilkan keuntungan, baik dari segi penanaman modal ataupun dari penyedia tempat untuk berinvestasi.




Seperti kita ketahui, Indonesia sendiri banyak mendapatkan investasi, baik dari sektor industri, pertambanagan , dan yang baru-baru ini ialah sektor pariwisata. Sektor pariwista sendiri dilirik oleh Raja Arab Saudi, Raja Salman. Raja Salman sendiri datang ke Indonesia guna melihat dan meninjau bagaimana situasi Indonesia. Bahkan, Raja Salman sendiri membawa uang utuk diinvestasikan dalam jumlah Fantastis, yaitu sekitar 300T rupiah kalo tidak salah.

Investasi besar-besaran yang dilakukan Raja Salman, membawa dampak baik dalam perekonomian Indonesia, dengan demikian kita dapat kucuran dana segar untuk pembangunan Indonesia. Namun, apakah perlu kita mengharapkan Investasi dari luar negeri alias " Investor Asing "???

Investasi dari pihak luar, untuk saat ini, dapat dikatakan "Perlu" bahkan "Perlu Banget", kenapa? seperti yang kita ketahui, dari invesatasi asing khususnya,membawa dana-dana yang cukup banyak untuk pembangunan Indonesia.Infrastruktur, pembangunan berkelanjutan , serta pembangunan di sekotor lainnya bisa memanfaatkan hasil dana investasi tersebut. Dengan adanya investor asing tersebut, diharapkan dapat membantu perekonomian dan pembangunan di Indonesia.


Hasil gambar untuk Investor Asing



Namun, terlepas dari kucuran dana yang segar, pihak investor juga pengen mendapatkan keuntungan, dimana investor akan melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Baik itu ekploitasi lingkungan, pembukaan lahan untuk produksi, sampai pengubahan atau alih fungsi lahan.

Itu akan berdampak buruk untuk keberlangsungan ekosistem di alam. Bahkan lebih buruk lagi, alih fungsi lahan, dimana awalnya fungsi lahan tersebut digunakan untuk sektor pertanian dan perkebunan, namunnn dengan adanya investor yang ingin membuka usaha produksi industri, maka lahan tersebut akan dialih fungsikan. Masyarakat yang menggunakannya sebagai lahan untuk mencari nafkah, akan kalah saing dengan investor tadi. Bahkan yang lebih parahnya lagi, masyarakat akan susah atau sulit mendapatkan mata pencaharian yang baru.

Di sisi lain, pemerintah memegang tanggung jawab yang sangat besar, dimana pemerintah harus bisa membuat regulasi terhadap investor asing tersebut. Dengan adanya kebijakan yang mengatur investor asing tersebut, diharapkan pihak investor asing bisa bekerja sama dengan pemerintah.

Berbagai persepsi masyarakat mengenai investor asing yang merugikan atau menguntungkan Indonesia menggiring opini kita sebagai mahasiswa, perlu atau tidak kah Investor Asing ??

__________________________________________________________________

Demikian resume atau catatan singkat mengenai Pentingnya Investor Asing Bagi Indonesia. Sekian yang dapat gue sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.
Silahkan share bila bermanfaat yaa..
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Open Recruitment?

Hibrida : Rekayasa Genetika yang Luar Biasa

Permasalahan Standar Kompetensi Apoteker dan Studi Kefarmasian